Pages

Search

Karakteristik Lalulintas

DEFINISI

Untuk mengetahui definisi lalulintas, maka perlu mengetahui SISTEM TRANSPORTASI.
Sistem transportasi pada dasarnya ada tiga :
- Prasarana
- Kebutuhan pergerakan
- Lalulintas

Lalulintas terbentuk sebagai hasil interaksi antara ketersediaan prasarana (transport supply), dan kebutuhan pergerakan (transport demand).

Karakteristik Lalulintas :
Flow = Volume Lalulintas
Speed = Kecepatan Lalulintas
Density = Kepadatan Lalulintas


KECEPATAN

Adalah laju pergerakan lalulintas yang ditunjukkan dengan Jarak yang ditempuh suatu kendaraan dalam waktu tertentu. (L/T)
Satuan yang biasa dipakai = km/jam

Jenis Kecepatan :



Keterkaitan dengan Spasial, Jenis kecepatan:
1. Spot speed (kecepatan sesaat)
2. Running speed (kecepatan jalan)
3. Journey speed (kecepatan perjalanan)

Kecepatan Perjalanan (Journey Speed) adalah kecepatan efektif kendaraan yang sedang dalam perjalanan antara dua tempat dengan jarak tertentu di bagi seluruh waktu yang dibutuhkan. Sebagai contoh kecepatan perjalanan antar kota. Didalamnya terdapat banyak hambatan, sehngga waktu tempuh tersebut menyangkut juga KETERTUNDAAN.

VOLUME LALULINTAS
Adalah jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan dalan satuan waktu tertentu.(M/T)
Satuan yang biasa dipakai = Kend/jam atau Kend/hari

Komposisi Volume laulintas

Terdiri dari Jenis kendaraan :
- Kendaraan Berat
- Kendaraan ringan
- Mobil penumpang
- Sepeda Motor
- Kendaraan Tidak bermotor, dsb

Perlu konversi dalam satu satuan :
Satuan mobil penumpang (smp),Mobil penumpang merupakan satu satuan mobil penumpang ( 1 smp), kendaraan lain dikonversi dalam smp dengan suatu nilai ekuivalen mobil penumpang (emp).
Satuan yang dipakai untuk analisis = smp/jam atau smp/hari.

Karakteristik Volume lalulintas
- Jam-jaman (fluktuasi dalam interval menitan)
- Harian (fluktuasi dalam jam)
- Tahunan (fluktuasi dalam bulanan dan harian)

Pengamatan volume lalulintas


Waktu tempuh rata-rata



Volume Jam Perencanaan

Digunakan untuk dasar perencanaan kebutuhan prasarana jalan.
- LHR
- LHRT
- Jam puncak dan faktor jam puncak
- Ambang jam puncak
- Faktor pembagi arah
- Arus bebas (free low)
- Arus Jenuh (sat flow)

KEPADATAN LALULINTAS

Jumlah Kendaraan yang melewati suatu ruas jalan pada jarak tertentu (selama waktu T tertentu)
Satuan yang dipakai = Kend/km atau Smp/km



Pengamatan Empiris hubungan U-V-D

Dijabarkan dalam bentuk hubungan antar karakteristiknya :
- Speed-density relationship
- Flow-density relationship
- Speed-flow relationship





oleh para ahli = berkembang dengan banyak model mamematis :

1. Model Greeshields (linier)
2. Model Greenberg (logaritmic)
3. Model Underwood (exponensial)
4. Model Edie (Log + Exp)
5. Model Bell Curve (Exp deterence)
6. dll


Model Greenshields


3 comments:

Unknown said...

pak,saya ijin copy untuk bagian daftar pustaka,,

Fizha said...
This comment has been removed by the author.
Fizha said...

izin nyimpen buat belajar ya pak 🙏

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...